EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA FUTUHIYYAH MRANGGEN
Daftar Isi:
- Media audio visual merupakan media yang menggabungkan unsur suara dan gambar. Penggunaan media disadari oleh kalangan pendidikan untuk membantu aktivitas proses pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas, terutama untuk membantu prestasi belajar siswa. Karena proses pembelajaran akan berjalan efektif jika berlangsung dalam kondisi dan situasi yang menarik, nyaman, dan menyenangkan. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan peralatan yang telah disediakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelum pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Futuhiyyah Mranggen. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, jenisnya adalah penelitian kuantitatif tempat penelitian di SMA Futuhiyyah Mranggen Penelitian ini bersifat deskriptif kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMA Futuhiyyah Mranggen dengan jumlah 210. Teknik untuk menentukan sampel adalah adalah simple random sampling dan diperoleh kelas IX sebanyah 28 siswa. terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen (penggunaan media audio visual) dan variabel dependen (prestasi belajar Pendidikan Agama Islam). Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisisnya menggunakan “t-test”. Teknik analisis data menggunakan uji-t. dari hasil penelitian diperoleh nilai t0 (t-hitung) sebesar 25,94 sedangkan t-tabel taraf signufikan 5% sebesar 2,05 sedangkan pada tabel signifikan 1% diperoleh sebesar 2,77. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa t0 lebih besar dari t-tabel yaitu 2,05 <25,94> 2,77. Karena t0 lebih besar dari tabel berarti (Ho) ditolak dan (Ha) diterima berarti hasilnya adalah signifikan atau dengan kata lain adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual dengan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, media audio visual, prestasi belajar