PERBEDAAN ANTARA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DAN REGULER TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN NGALIYAN
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Penelitian ini membahas tentang perkembangan psikososial remaja di lingkungan sekolah yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara program full day school dan reguler terhadap perkembangan psikososial remaja. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 228 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Hasil: Analisa statistik diperoleh jumlah perkembangan psikososial tidak normal pada program full day school sebanyak 73 siswa (64,0%), sedangkan pada program sekolah reguler berjumlah 55 siswa (48,2%). Hasil uji Chi-Square dengan koreksi Yates (continuity corretion) didapatkan p-value sebesar 0,023. Simpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna antara program full day school dan reguler terhadap perkembangan psikososial pada siswa kelas VII di SMP Negeri di Kecamatan Ngaliyan. Kata Kunci: Full Day School, Perkembangan Psikososial, Remaja, Sekolah Reguler