Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Perilaku bullying terutama yang terjadi dibeberapa sekolah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Perilaku bullying terjadi karena salah satu faktor dari pengasuhan orang tua, kurangnya perhatian, kasih sayang dan kualitas interaksi anatara anak dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan perilaku bullyingsiswa sekolah dasar. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross sectional dengan 98 sampel yang diambil dengan menggunakan proportional random sampling. Hasil : Hasil penelitian diperoleh,12 responden (23,53%) mendapatkan dukungan keluarga baik dan tidak berperilaku bullying, 4 responden (8,51%) mendapatkan dukungan keluarga kurang dan tidak berperilaku bullying, 37 responden (72,55%) mendapatkan dukungan keluarga baik dan berperilaku bullying rendah, 29 responden (61,70%) mendapatkan dukungan keluarga kurang dan berperilaku bullying rendah, 2 responden (3,92%) mendapatkan dukugan keluarga baik dan berperilaku bullying tinggi, dan 14 responden (29,79%) mendapatkan dukungan keluarga kurang dan berperilaku bullying tinggi. Kesimpulan : Menggunakan uji Lambda didapatkan (p-value < 0,05) yang berarti terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan perilaku bullying siswa sekolah dasar di Demak. Kata kunci : Dukungan keluarga, perilaku bullying