PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN KALISARI 1
Daftar Isi:
- Penelitian dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn yang dinilai masih kurang dikelas V SDN Kalisari 1 menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan media Visual. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kalisari 1 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 44 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Teknik tes dan non tes digunakan untuk pengumpulan data. Adanya peningkatan disiplin dan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan peningkatan disiplin dari siklus I yaitu 78% dengan kategori baik dilanjutkan ke siklus II yaitu 81% hal ini menunjukan peningkatan disiplin sangat baik. Sementara untuk prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 79,6% dan untuk siklus II meningkat 94,4%. Hal ini menunjukan kenaikan dari siklus I ke siklus II. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Pair Check berbantuan media Visual meningkatkan disiplin dan prestasi siswa kelas V SDN Kalisari 1. KataKunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Pair Check, Media Visual