STUDI KOMPARASI TENTANG PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR'AN AL-HADITS ANTARA SISWA PROGRAM AKSELERASI DAN SISWA PROGRAM REGULER PADA MADARASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MODEL BOJONEGORO
Daftar Isi:
- Mata pelajaran Al-Qur’an Al-Hadits digunakan untuk mengarahkan pemahaman dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran Al-Qurʼan Al-Hadits siswa program akselerasi di MAN 1Bojonegoro, (2) Bagaimanakah prestasi belajar matapelajaran Al-Qurʼan Al-Hadits siswa program reguler di MAN 1 Bojonegoro, dan (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan tentang prestasi belajar mata pelajaran Al-Qurʼan Al Hadits antara siswa program akselerasi dan siswa program reguler di MAN 1 Bojonegoro. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengatahui prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Al-Hadits siswa program akselerasi di MAN 1 Bojonegoro, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Al Qurʼan Al-Hadits siswa program reguler di MAN 1 Bojonegoro, dan (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan tentang prestasi belajar mata pelajaran Al-Qurʼan Al-Hadits antara siswa program akselerasi dan siswa program reguler di MAN 1 Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan terhadap 891siswa di MAN 1 Bojonegoro. Setelah penelitian dilakukan terhadap 32 anggota sampel, dan data dianalisis dengan teknik tes“t”. karena hasil perhitungan t0 lebih besar daripada “t” table, baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%. Maka Hipotesa Alternatif (HA) diterima dan Hipotesa Nihil (H0) ditolak. Dari hasilperhitunganataupengujian di atas dapat ditarik kesimpulanbahwa: ada perbedaan yang signifikan tentang prestasi belajar mata pelajaran Al-Qurʼan Al Hadits antara siswa program akselerasi dan siswa program reguler di MAN 1 Bojonegoro.