PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PADANGAN BOJONEGORO
Main Author: | NURDIANA, IKA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/1/COVER.pdf http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/2/BAB%20I.pdf http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/3/BAB%20II.pdf http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/4/BAB%20III.pdf http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/5/BAB%20IV.pdf http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/6/BAB%20V.pdf http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24/ |
Daftar Isi:
- Kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan mempunyai peranan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan, sehingga harus memiliki kemampuan sebagai leader. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik adalah mampu mengelola semua sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan baik dari sisi pembelajaran maupun pengembangan sumber daya manusia. Dengan rumusan masalah sebagai berikut; a) Bagaimana kepemimpinan kepala MAN Padangan Bojonegoro?, b) Bagaimana kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro?, c) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; a) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala MAN Padangan Bojonegoro. b) Untuk mengetahui kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro. c) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala MAN Padangan memiliki pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro. Hal ini terbukti dari pengisian angket kepemimpinan kepala MAN Padangan yang dihasilkan dari 45 responden dengan nilai rata-rata (7) pada kategori sangat baik, dan nilai rata-rata angket kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro (6,8) juga tergolong baik. Dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistik Product Moment. Dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,666.