ctrlnum 13
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/</relation><title>PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS V DAN VI DI SDN KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO&#xD; KABUPATEN BOJONEGORO</title><creator>MUFIDAH, NUR</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar dari nilai r dalam variabel nilai product moment, maka ro yang diperoleh itu signifikan.</description><date>2013-08-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/1/COVER%20DAN%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> MUFIDAH, NUR (2013) PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS V DAN VI DI SDN KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro. </identifier><recordID>13</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUFIDAH, NUR
title PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS V DAN VI DI SDN KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/1/COVER%20DAN%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/4/BAB%20III.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/6/BAB%20V.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/13/
contents Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar dari nilai r dalam variabel nilai product moment, maka ro yang diperoleh itu signifikan.
id IOS15605.13
institution Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2444
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
library_id 1910
collection Repository Universitas Nahdlatul Ulama Sunan GIri Bojonegoro
repository_id 15605
city BOJONEGORO
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15605
first_indexed 2021-07-02T03:31:15Z
last_indexed 2021-07-02T03:31:15Z
recordtype dc
_version_ 1704143584094060544
score 17.538404