LESSON STUDY: STRATEGI ALTERNATIF PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU KIMIA
Main Author: | Mulyatun, Mulyatun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/9709 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/9709/6227 |
Daftar Isi:
- Banyak kendala yang dihadapi mahasiswa calon guru kimia dalam pelaksanaan PPL, misalnya tidak adanya strategi bimbingan dan jadwal yang pasti dari guru pamong maupun dosen pembimbing lapangan, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi belajar aktif, maupun kesalahan dalam mempraktekkan teori-teori pembelajaran. Alternatif pemecahannya adalah dengan menerapan lesson study pada Praktik Pengalaman Lapangan mahsiswa Tadris Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan lesson study pada PPL Mahasiswa calon guru kimia, (2) peningkatan kompetensi calon guru kimia dengan penerapan lesson study pada PPL Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo. Data diperoleh dengan metode observasi untuk menilai RPP dan kompetensi mahasiswa calon guru kimia pada saat melaksanakan (PPL) berbasis lessson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PPL berbasis lesson study dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru Kimia. Keefektifan model PPL berbasis lesson study dapat dilihat dari kompetensi mahasiswa dalam menyusun RPP yang mencapai 75,25% (baik), sedangkan kompetensi mahasiswa calon guru kimia mencapai persentase penilaian sebesar 73,77% (baik).