PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STADJ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SENYAWA HIDROKARBON
Main Authors: | Choiriyaha, Mudrikatul; Madrasah Aliyah Negeri Demak JI. Diponegoro NO. 27 Demak Telp. !Faks. (0291) 681219 Demak 59571, Mualif, Husnul; Fakultas Tarbiyah lnstitut Agama Islam Negeri Walisongo JI. Prof Dr. Hamka Kampus II Telp. 7601295 Faks. 7615387 Semarang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/6191 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/6191/4811 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil be/ajar Kimia siswa kelas X-8 Semester Genap MAN Demak pada materi pokok Senyawa Hidrokarbon dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-8 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, di mana tiap sik/usnya terdiri atas planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Hasi/ penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata hasil be/ajar siswa mencapai 61,90 dengan ketuntasan be/ajar klasikal 65%. Hasil ini meningkat pada siklus II menjadi 75,45 dengan ketuntasan be/ajar klasikal 87,5%. Sementara itu, pada aspek psikomotorik, ketuntasan be/ajar klasikal meningkat dari 63, 16% pada siklus I menjadi 73, 96% pada siklus II dan pada aspek afektif ketuntasan be/ajar klasikal meningkat dari 62,21% pada siklus I menjadi 71, 16% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasi/ be/ajar kimia siswa kelas X-8 MAN Demak.