Daftar Isi:
  • Kota Madiun dalam beberapa tahun terakhir mengalami perubahan dan peningkatan dalam segala hal, tak terkecuali di bidang ekonomi. Salah satu bentuk perubahan itu adalah berdirinya Madiun Plasa dan Suncity Mall. Banyaknya jenis produk yang ditawarkan di Madiun Plasa dan Suncity Mall mampu menarik minat masyarakat Kota Madiun untuk berbelanja, apalagi ditambah dengan promo dan diskon. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi frekuensi dan tingkat peminatan kunjungan, tingkat konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumtif dengan adanya Madiun Plasa dan Suncity Mall. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang responden, dimana teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif skor ideal (kriterium). Hasil skor kriterium menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan dan tingkat minat belanja ke Madiun Plasa dan Suncity Mall adalah cukup sering berkunjung dan cukup suka berbelanja dikedua pusat perbelanjaan tersebut. Sedangkan pada identifikasi tingkat konsumtif menunjukkan cukup konsumtif dengan adanya Madiun Plasa dan Suncity Mall. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi untuk berbelanja di Madiun Plasa dan Suncity Mall, yaitu harga, diskon, akses, faktor keamanan, dan event-event/kegiatan yang diadakan oleh kedua pusat perbelanjaan tersebut.