Tingkat kepuasan pasien resep kredit terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Madiun
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan terhadap pelanggan mempunyai peranan yang sangat penting. Pasien resep kredit akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien resep kredit akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya tidak sesuai dengan harapannya. Untuk mendapatkan penilaian oleh pasien resep kredit, maka perlu dilakukan survei terhadap pelayanan kefarmasian kepada pasien resep kredit mulai dari yang kurang hingga yang lebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien resep kredit resep kredit terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Madiun. Data primer penelitian diperoleh dari kuesioner terhadap pasien resep kredit resep kredit yang mengambil obat di Apotek Kimia Farma Madiun. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Apotek Kimia Farma Madiun berupa jumlah pasien resep kredit resep kredit. Karakteristik Responden yang diambil adalah jenis kelamin, pekerjaan, kunjungan ke apotek, serta resep yang ditebus. Sedangkan untuk penilaian yang digunakan adalah tentang kehandalan, ketanggapan, kepastian, empati, dan bukti fisik. Berdasarkan kuesioner yang disebar di Apotek Kimia Farma Madiun, didapatkan hasil yaitu dari 229 responden yang diambil sampelnya, terdapat 71,70% pasien resep kredit puas terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Madiun, dan 28,30% pasien resep kredit tidak puas dengan pelayanan kefarmasian.