Daftar Isi:
  • Terdapat banyak faktor yang dapat meningkatkan kinerja seseorang guru, di antaranya adalah gaya kepemimpinan demokrasi, motivasi kerja, dan disiplin guru. Tinggi rendahnya kinerja guru sangat dipengaruhi oleh kemampuan profesionalisme pemimpin dalam memimpin, dan seorang pemimpin sekolah juga dituntut untuk dapat menggunakan gaya kepemimpinan sesuai dengan karakter dan kondisi sekolah masing-masing, kemudian juga ada factor motivasi kerja guru dan kedisiplinan kerja para guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung gaya kepemimpinan demokrasi, motivasi kerja, dan disiplin guru terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru tetap PNS dan Yayasan dengan jumlah sampel 53 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis (uji t). Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokrasi tidak berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dan disiplin guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Melalui hasil penelitian ini, diharapkan masing-masing kepala sekolah Yayasan Yohanes Gabriel Kota Madiun selalu berusaha menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakter dan kondisi dalam masing-masing sekolah.