Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung pemberdayaan kerja terhadap kepercayaan organisasional guru SMA Negeri Se Kota Madiun melalui pemberdayaan psikologis sebagai variabel pemediasi. Pengambilan sampel menggunakan metode proportional sampling. Besarnya populasi adalah 348 guru yang terdiri dari 6 SMA Negeri di Kota Madiun. Sampel yang dipakai dalam penelitian sebesar 30% dari populasi yaitu 104 guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis jalur, da uji hipotesis menggunakan SPSS versi 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberdayaan kerja (X1) berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaan psikologis (Z), pemberdayaan kerja (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan organisasional (Y), dan pemberdayaan psikologis (Z) berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan organisasional (Y). Variabel pemberdayaan psikologis (Z) memiliki peran full mediation pada pengaruh pemberdayaan kerja (X1) terhadap kepercayaan organisasional (Y).