Daftar Isi:
  • Loyalitas nasabah merupakan salah satu tujuan dari pemasaran bank. Kualitas pelayanan yang diberikan, kepercayaan nasabah terhadap bank, kepuasan yang dirasakan oleh nasabah serta cira bank menurut nasabah dianggap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan, dan citra bank terhadap loyalitas nasabah pada BTN kantor kas Mastrip Kota Madiun. Penelitian ini dilaksanakan di BTN kantor kas Mastrip Kota Madiun. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 nasabah BTN kantor kas Mastrip Kota Madiun. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan, dan citra bank terhadap loyalitas nasabah nasabah pada BTN kantor kas Mastrip Kota Madiun. Pengujian dilakukan dengan uji t dan diperleh t tabel 1,98552. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signfikan terhadap loyalitas nasabah dengan t hitung 0,577 dan signifikansi 0,565 (>0,05). Kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan t hitung -1,478 dan signifikansi 0,143 (>0,05). Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan t hitung 2,770 dan signifikansi 0,007 (<0,007). Citra bank berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan t hitung 4,312 dan signifikansi 0,000 (<0,05).