Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat dengan resep oleh tenaga kefarmasian
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien menjadi prioritas utama, di mana kepuasan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan mereka. Pasien yang merasa puas akan patuh pada pengobatan dan mempunyai kecenderungan untuk menggunakan kembali jasa dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan KIE obat dengan resep oleh Tenaga Kefarmasian di Apotek Prima Madiun. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada 100 responden pasien yang membawa resep. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik observasi tertutup, kuisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan menggunakan persentase disertai pembahasan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil persentase tingkat kepuasan oleh 3 karakteristik individu terhadap pelayanan KIE obat dengan resep oleh Tenaga Kefarmasian di Apotek Prima Madiun adalah 53% dalam kategori puas, cukup puas 27%, sangat puas 11% dan tidak puas sebanyak 9%.