Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi saat ini memiliki dampak positif bagi manusia khususnya untuk mencari hal-hal yang belum pernah diketahui. Salah satu dampak positif tersebut adalah pada bidang teknologi komunikasi dan pemasaran. Terdapat sebuah aplikasi yang bernama Go-Jek yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat Kota Madiun untuk kegiatan sehari-hari. Transportasi, pemesanan makanan, pengiriman barang, adalah beberapa contoh fasilitas dari Go-Jek. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian yang merancang sebuah aplikasi seperti Bukalapak dan Go-Jek yang akan dinamakan Go-Karisma dengan objek UMKM yang berada di Kota Madiun. Perancangan aplikasi tersebut dilakukan karena berdasarkan wawancara dengan beberapa konsumen dan driver Go-Jek pada saat observasi pendahuluan menyatakan bahwa terdapat beberapa konsumen yang membutuhkan aplikasi Go-Karisma dengan tujuan untuk membeli produk-produk khas Kota Madiun secara online dan tidak mengantri melalui aplikasi di dalam handphone. Kemudian hasil wawancara terhadap driver Go-Jek menyatakan bahwa terdapat pelanggan Go-Jek yang ingin membeli oleh-oleh atau produk khas Kota Madiun namun tidak terdaftar dalam aplikasi Go-Jek. Untuk mengerjakan rancangan aplikasi Go-Karisma, peneliti menggunakan metode use case diagram, data flow diagram, dan entity relationship diagram. Kemudian hasil dari perancangan sistem adalah user interface atau tampilan dari aplikasi Go-Karisma Untuk selanjutnya setelah membuat rancangan dan user interface aplikasi Go-Karisma maka menghitung waktu proyek pembuatan aplikasi Go-Karisma dengan menggunakan metode gantt chart dan critical path metode dengan hasil perancangan proyek pembuatan aplikasi Go-Karisma dengan mengacu pada lintasan kritis yang telah ditentukan membutuhkan waktu 8 bulan