Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris perbedaan pemahaman konsep dasar akuntansi antara mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA Jurusan IPS, dan SMA Jurusan IPA pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi se-kota Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 mahasiswa akuntansi yang tersebar di lima perguruan tinggi yaitu Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, STIE Dharma Iswara, IKIP PGRI Madiun, Universitas Merdeka, dan Politeknik Negeri Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convinience sampling dan purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda ONE WAY ANOVA dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep dasar akuntansi antara mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA Jurusan IPS, dan SMA Jurusan IPA pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi se-kota Madiun.