Pengaruh komunikasi interpersonal dan berfikir kreatif terhadap harga diri remaja
Daftar Isi:
- Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi tatap muka. Oleh sebab itu, harga diri merupakan suatu bentuk wujud keberadaan individu dan kunci paling penting dalam pembentukan perilaku yang akan membawa seseorang kearah keberhasilan atau kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal dan berfikir kreatif terhadap harga diri remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Gamaliel 1 Madiun tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel penelitian berjumlah 105 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala komunikasi interpersonal, skala berfikir kreatif, dan skala harga diri remaja. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu:1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: komunikasi intepersonal berpengaruh terhadap harga diri remaja, 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: berfikir kreatif berpengaruh terhadap harga diri remaja, 3) Hipotesis mayor berbunyi: komunikasi interpersonal dan berfikir kreatif berpengaruh terhadap harga diri remaja. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y = 9.226 + 0.399 + 0.498 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap harga diri remaja, terbukti t hit=2.984 > t tabel=1.950, 2) berfikir kreatif berpengaruh terhadap harga diri remaja, terbukti t hit=5.471 > t tabel=1.950, 3) komunikasi interpersonal dan berfikir kreatif berpengaruh terhadap harga diri remaja, terbukti F hit= 114.944 > F tabel=2.295. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) hipotesis minor pertama diterima. 2) hipotesis minor kedua diterima. 3) hipotesis mayor diterima.