Pengaruh hubungan dalam keluarga dan penerimaan teman sebaya terhadap konsep diri remaja
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan dalam keluarga dan penerimaan teman sebaya terhadap konsep diri remaja siswa kelas X dan XI SMAK Santo Bonaventura Madiun tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah populasi 165 siswa yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang diteliti berjumlah 101 siswa. Teknik sampling menggunakan Teknik Random Cluster. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala hubungan dalam keluarga, skala penerimaan teman sebaya, dan skala konsep diri remaja. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu hipotesis minor pertama berbunyi: Terdapat pengaruh yang signifikan hubungan dalam keluarga terhadap konsep diri remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonaventura Madiun tahun 2018-2019. Hipotesis minor kedua berbunyi: Terdapat pengaruh yang signifikan penerimaan teman sebaya terhadap konsep diri remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonaventura Madiun tahun 2018-2019. Hipotesis mayor berbunyi: Terdapat pengaruh yang signifikan Hubungan Dalam Keluarga Dan Penerimaan Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonaventura Madiun tahun 2018-2019. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari pengolahan data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Model persamaan garis regresi Y= 41.44 0.291X1 0.341X2. 2) Analisis korelasi memiliki keeratan kuat dengan nilai R sebesar 0.476. 3) Koefisien determinasi sebesar 0.226, hal ini berarti hubungan dalam keluarga dan pergaulan teman sebaya memiliki pengaruh sebesar 22.6% terhadap kenakalan remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonavenutura Madiun tahun 2018-2019. 4) Hipotesis minor pertama “berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan hubungan dalam keluarga terhadap konsep diri remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonaventura Madiun tahun 2018-2019, diterima. Terbukti t hitung > t tabel (2.441>1.662)”. 5) Hipotesis minor kedua berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan pergaulan teman sebaya terhadap konsep diri remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonaventura Madiun Tahun 2018-2019, diterima. Terbukti t hitung ˃ t table (3.468>1.662)”. 6) hipotesis mayor yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan hubungan dalam keluarga dan penerimaan teman sebaya terhadap konsep diri remaja siswa kelas X dan XI IPS SMAK Santo Bonaventura Madiun tahun ajaran 2018-2019, diterima. Terbukti F hitung > F table (14.325>3.09)”