Prestasi belajar siswa ditinjau dari minat belajar dan pergaulan teman sebaya
Daftar Isi:
- Penlitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Prestasi Belajar Ditinjau Dari Mintat Dan Pergaulan Teman Sebaya dengan jumlah responden sebanyak 193 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI Wonoasri Caruban, Kabupaten Madiun. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah sampling random, dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 97 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala prestasi belajar , skala minat belajar, dan skala pergaulan teman sebaya Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu: 1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: minat belajar berpengaruh signifikan terhadapprestasi belajar, 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadapprestasi belajar, 3) Hipotesis mayor berbunyi: minat belajar dan pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Model persamaan regresi Ý= 0,52.506+0,305X1+0,273X2 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar diterima, yang terbukti t hitung > t tabel (2,091 > 2,011), 2) pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar diterima, yang terbukti t hitung > t tabel=(2,694>2,011), 3) minat belajar danpergaulan teman sebaya berpengaruh siginifikan terhadap prestasi belajar diterima, yang terbukti F hitung> F tabel=(8.068> 3,191) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) hipotesis minor pertama diterima 2) hipotesis minor kedua diterima. 3) hipotesis mayor diterima.