Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating (studi empiris pada mahasiswa di perguruan tinggi swasta Kota Madiun)

Main Author: Widyawati, Putri Galih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.widyamandala.ac.id/173/4/ABSTRAK.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/1/BAB%20I.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/3/BAB%20II.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/2/BAB%20III.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/6/BAB%20V.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.widyamandala.ac.id/173/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dengan lima komponen yaitu (pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial), sedangkan perilaku belajar meliputi (kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan mengikuti ujian), selanjutnya variabel budaya menggunakan budaya jawa dan selain jawa. Penelitian ini juga meneliti pengaruh kepercayaan diri sebagai variabel moderating terhadap hubungan kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan budaya dengan tingkat pemahaman akuntansi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Unika Widya Mandala Madiun dan Universitas Merdeka Madiun. Kuesioner yang kembali sebanyak 38 eksemplar dari 40 eksemplar yang telah disebar, sedangkan jumlah kuesioner yang dapat diolah adalah sebanyak 35 eksemplar. Karakteristik responden pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah yaitu Pengantar Akuntansi I, Pengantar Akuntansi II, Akuntansi Keuangan Menengah I, Akuntansi Keuangan Menengah II, Akuntansi Keuangan Lanjutan I, Akuntansi Keuangan Lanjutan II, Auditing I, Auditing II, dan Teori Akuntansi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Pada regresi berganda tanpa variabel moderating disimpulkan bahwa variabel kecerdasan emosional, perilaku belajar dan budaya tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, maka dialakukan regresi ulang dengan menjadikan variabel moderating kepercayaan diri sebagai variabel independent. Hasil analisis menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, budaya dan kepercayaan diri secara simultan tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hasil uji t dengan tingkat signifikan > 0,05 untuk variabel kecerdasan emosional 0,714, perilaku belajar 0,675, budaya 0,133 dan kepercayaan diri 0,910. Berdasarkan uji perdimensi dari variabel kecerdasan emosional tidak ada yang berpengaruh dengan tingkat signifikan 5%, jika menggunakan tingkat signifikan 10% dimensi pengendalian diri dan empati terbukti berpengaruh, sedangkan dimensi pengenalan diri, motivasi dan ketrampilan sosial tidak berpengaruh. Untuk variabel perilaku belajar hanya dimensi kunjungan ke perpustakaan yang berpengaruh signifikan secara negatif, sedangkan kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku dan kebiasaan mengikuti ujian tidak ada yang berpengaruh.