Pengaruh metode prompting dan fading terhadap keterampilan berpakaian anak retardasi mental
Daftar Isi:
- Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode prompting dan fading terhadap keterampilan berpakaian anak retardasi mental. Subjek dalam penelitian adalah satu subjek yang tinggal di Desa Ngrawan – Dolopo, Kabupaten Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan orangtua subjek. Penelitian ini termasuk penelitian pra-eksperimen. Proses pencarian subjek diperoleh dari data sekolah di SLB Putra Idhata, Kabupaten Madiun yang mengalami retardasi mental. Rancangan eksperimen dengan menggunakan desain A-B-A-B. Berdasarkan hasil analisis baik secara keseluruhan menunjukkan bahwa telah mengungkap hipotesis yang diajukan diterima, yaitu metode prompting dan fading dapat meningkatkan keterampilan berpakaian anak retardasi mental. Melalui hasil perbandingan pada desain A-B-A-B secara keseluruhan bahwa eksperimen yang dilakukan ada pengaruh metode prompting dan fading terhadap keterampilan anak retardasi mental.