Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer branding dan employee value proposition terhadap komitmen organisasi pada karyawan tetap PT Kereta Api (KAI) Madiun, dengan jumlah sampel sebesar 109 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel adalah propertional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda dan program SPSS 22.0. Dari hasil pengujian statistik menunjukkan 1) employer branding berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung sebesar 3,333 > ttabel 1,65922. 2) employee value proposition berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung 4,515 > ttabel 1,65922. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mempertahankan komitmen para karyawan dapat dilakukan dengan memperkuat aspek-aspek employer branding seperti interest value, social value, development value, economic value, dan application value. Untuk meningkatkan komitmen karyawan dapat dilakukan dengan mempertahankan employee value proposition sehingga dapat ditingkatkan melalui leadership, rewards, performance evaluation, company, dan job