Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kebijakan industri batik khas kota Madiun yang merupakan warisan budaya Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 9 dari total 12 UKM batik kota Madiun dengan 3 UKM batik yang sudah tidak produksi. Pengambilan data dilakukan secara sensus. Metode analisis yang digunakan rentang skala, diagram kartesius dan analisis SWOT. Dengan 4 variabel kesiapan melalui uji rentang skala menunjukkan bahwa UKM batik sudah siap dilihat dari modal, produksi, sumber daya manusia dan pemasaran. Hasil analisis diagram kartesius dapat diketahui bahwa harapan pemerintah sebesar 10,7 dan kepuasan sebesar 7,1. Jika dihubungkan dengan rentang skala, diagram kartesius dan analisis SWOT menghasilkan strategi ST, yaitu menjadi UKM batik yang mampu bersaing dengan ciri khas batik seperti pecelan, madu mongso, dan sekar arum dengan pewarna yang terbuat dari bahan alami.