HUBUNGAN PERANAN GOOD COORPORATE GOVERNANCE DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS OHEO KELURAHAN INOMOIYO KECAMATAN OHEO KABUPATEN KONAWE UTARA
Main Authors: | Satri Waslyanti, Yusuf Useng, Sartini Risky |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Mandala Waluya
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.fikes-umw.ac.id/index.php/mjph/article/view/108 https://journal.fikes-umw.ac.id/index.php/mjph/article/view/108/68 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Strategi yang diperlukan dalam meningkatkan mutu pelayanan adalah melalui implementasi Good Corporate Governance (GCG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peranan Good Coorporate Governance dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Oheo Kelurahan Linomoiyo Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2019. Objek pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung di Puskesmas Oheo. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 56 orang. Metode analisis menggunakan uji Statistik yakni uji chi square dan uji Phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan sedang antara fairness (kewajaran) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 17,352, dengan nilai φ = 0.557), ada hubungan lemah antara disclosure dan transparency (transparansi) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 7,289, dengan nilai φ = 0.361), ada hubungan sedang antara accountability (akuntabilitas) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 13,763, dengan nilai φ = 0.496) dan ada hubungan lemah antara responsibility (responsibilitas) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 6,310, dengan nilai φ = 0.336). Saran sebaiknya perlu adanya peningkatan terhadap penerapan prinsip – prinsip GCG.