FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN BEARING PADA INTERMEDIATE SHAFT BEARING DI MT. KUANG

Main Author: IFTI, GRANDIS A
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/2993/1/52155801%20T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2993/
http://repository.pip-semarang.ac.id/
Daftar Isi:
  • Intisari, Intermediate shaft bearing merupakan bantalan penopang poros penghubung yang terletak di antara mesin induk dan propeller shaft, berfungsi sebagai penahan beban shaft tersebut sehingga dapat memperkecil timbulnya kebengkokan pada shaft. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing, dampak yang ditimbulkan serta upaya yang dilakukan untuk mencegah kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fishbone dan SHEL. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing di MT. Kuang adalah adanya lumpur pada minyak pelumas yang disebabkan oleh pemakaian minyak pelumas dalam jangka waktu yang lama tanpa penggantian. Dampak yang ditimbulkan adalah keausan pada bearing dan shaft serta memicu kebengkokan pada shaft. Upaya untuk pencegahan faktor-faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing adalah dengan pengecekan pada suhu dan volume minyak pelumas serta melakukan pengantian minyak pelumas secara rutin.