Analisis naiknya temperatur udara bilas pada ruang scaving air mesin diesel penggerak utama MV. Pan Energen
Main Author: | REZA, ROFIUL AZIZ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2906/1/531611206095%20T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2906/ https://library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Intisari. Proses pembakaran pada mesin diesel dapat terjadi dengan adanya unsur bahan bakar, panas, dan udara. Udara bertekanan diperoleh dari turbocharger yang ditampung ruang scaving air. Rumusan masalah faktor penyebab, dampak, dan upaya untuk menangani, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Patahnya ring piston, filter turbocharger kotor, kelalaian masinis dalam perawatan, prosedur tidak sesuai dengan instruction manual, serta naiknya temperatur kamar mesin meningkat. Berdampak pada naiknya temperatur udara bilas dan gas buang, ruang scaving air dan filter turbocharger kotor, serta kerusakan pada mesin. Upaya yang dilakukan adalah penggantian ring piston dan filter turbocharger, menimbulkan kesadaran masinis untuk melaksanakan PMS (Plan Maintenance System), melakukan tool box meeting (rapat sebelum bekerja) serta menyalakan blower dan membuka pintu langit-langit kamar mesin.