Penyebab Knocking Mesin Induk di MT. Indradi
Main Author: | RICO, WARDANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2898/1/52155810T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2898/ https://library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Abstraksi- Knocking adalah pembakaran yang terjadi dimana campuran bahan bakar dan udara didalam mesin terbakar lebih awal sebelum waktu penyalaan yang semestinya. Penyalaan awal ini menyebabkan bahan bakar tidak terbakar satu kali melainkan beberapa kali dalam satu siklus. Penyalaan awal juga menimbulkan suatu gelombang tekanan dan meningkatkan tekanan ruang bakar secara drastis menyebabkan getaran dan suara yang sangat keras. Penelitian menggunakan metode fault tree analysis untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Fault Tree Analysis adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang diperoleh selama penelitian adalah menggunakan data primer dan sekunder yaitu sebagai pendukung tersusunnya penulisan Skripsi ini. Faktor penyebab terjadinya Knocking adalah injector yang tidak bekerja secara normal, tekanan injector yang terlalu rendah, dan kualitas bahan bakar yang tidak baik. Dampak yang terjadi bila terjadi knocking pada Mesin Induk adalah keretakan pada torak dan batang torak, dan menimbulkan getaran yang besar pada motor. Upaya mencegah terjadinya knocking adalah dengan cara dilakukannya perawatan, perbaikan dan dilakukan pengecekan pada kualitas bahan bakar, dan dilakukan pengecekan serta pengukuran terhadap komponen Mesin Induk yang perlu diadakan pengukuran secara rutin