UPAYA PENGOPTIMALAN PENERAPAN SNAP BACK ZONE GUNA KESELAMATAN SAAT BERTHING DAN UNBERTHING DI MV. MDM BROMO
Main Author: | ENRICO, JORDAN REZA NANDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2838/1/531611105996N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2838/ https://library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Intisari-Snap back zone adalah zona batas kibasan tali putus akibat energy kinetic yang ditimbulkan oleh tegangan tali itu sendiri, marking snap back zone berfungsi untuk tanda dalam batas jarak aman ketika melaksanakan mooring operation dalam menyandarkan kapal di pelabuhan. masalah mengenai penerapan snap back zone ditemukan adanya kendalakendala yang meliputi pengetahuan crew yang kurang dan tidak terampil, metode perawatan marking yang salah, kurangnya koordinasi antara pihak kapal dan perusahaan, pelaksanaan PMS yang tidak dilaksanakan dengan benar. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Melaksanakan safety meeting dengan rutin bagi crew dan pelatihan dalam perawatan marking dengan metode yang benar, meningkatkan koordinasi antara pihak kapal dan perusahaan dan melaksanakan PMS dengan benar adalah bentuk upaya dalam peningkatan fungsi snap back zone guna keselamatan di atas kapal.