Penyebab masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran mesin induk di kapal MV. Spil Hana

Main Author: ARIPIN, ARIPIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/2570/1/52155822T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2570/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstraksi, Mesin induk merupakan mesin penggerak utama di kapal yang menjadi penggerak/pendorong kapal supaya kapal dapat berjalan maju atau mundur sesuai pengoperasian. Masuknya air pendingin ke dalam ruang bakar mempengaruhi kinerja mesin induk. Permasalahan tersebut diketahui saat akan melakukan test engine sebelum kapal melakukan manouver, mesin induk di blow up dan keluar air pendingin dari indicator valve silinder no. 3 mesin induk. Penelitian dilakukan dengan merangkum permasalahanpermasalahan dan mencoba mengidentifikasi masalah dengan menggunakan metode SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) dan menggunakan metode FISHNONE. Dari penelitian ini, penyebab utama masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran silinder no 3 di MT. Medelin West adalah keretakan dinding cylinder head, karena perawatan yang tidak sesuai dengan PMS dan kelelahan bahan cylinder head tersebut. Keretakan cylinder head sangat mempengaruhi kinerja dari mesin induk. Untuk menangani masalah tersebut berdasarkan penelitian dapat dilakukan upaya perawatan secara rutin dan penggantian spare part sesuai dengan PMS.