Kegagalan Main Engine dalam Start Awal di MT. Sanga Sanga
Main Author: | RICO, SYAH PUTRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2543/1/52155725%20T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2543/ http://www.library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Intisari- MT. Sanga Sanga adalah kapal tanker milik PT. Pertamina. MT. Sanga Sanga menggunakan main engine (mesin induk) IHI SULZER 6 RLB 66 – 6 CYL sebagai penggerak utama kapal. Pada umumnya mesin induk sebuah kapal menggunakan air pressure (tekanan agin) untuk proses start awal. Dengan jalur pelayaran tramper (tidak tetap) dan kebutuhan minyak dalam negeri ini mengakibatkan kapal sering keluar masuk pelabuhan, tentunya kapal akan sering melakukan manouvering (olah gerak). Dari seringnya kapal melakukan olah gerak terkadang main engine (mesin induk) kurang mendapatkan perawatan dan perbaikan sehingga akibatnya dalam melakukan olah gerak (maneuvering) mesin induk gagal dalam melakukan start.Tentunya main engine harus mendapatkan perawatan lebih pada starting system. Metode yang digunakan dalam proses analisa ini adalah fishbone. Dari analisa yang dilakukan dan adanya informasi real di kapal maka akan didapatkan hal-hal yang menyebabkan kegagalan start mundur pada diesel engine di MT. Sanga Sanga. Dengan menggunakan metode fishbone ini didapatkan beberapa penyebab kemungkinan kegagalan berdasarkan analisa secara kualitatif penyebab kegagalannya main engine dalam start awal yang terjadi di MT. Sanga Sanga adalah air distributor valve yang kotor dan kurang maintenance.