Pengaruh terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut terhadap operasional mesin induk di MT. Menggala
Main Author: | UMAR, SANTOSA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2493/1/Prosiding%20Umar%20pdf.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2493/ http://www.library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Intisari,Mesin disel merupakan mesin induk penggerak utama di atas kapal, dan mesin disel menghasilkan tenaga penggerak melalui proses pembakaran antara bahan bakar, udara serta panas. Terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut sangat berpengaruh pada permesinan utama di kapal serta terdapat beberapa faktor yang mempenagruhi terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut di dalam tangki double bottom, dampak terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut serta upaya yang dilakukan terhadap terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut.Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu Method, Machine, Measurement, Environment, Man, Material (Fishbone Analys) dan untuk pembahasan masalah dengan mengkategorikan ke dalam metode SHEL (Software, Hardware, Environment dan Livewere). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan mengamati pada saat perawatan bahan bakar di MT. Menggala Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkontaminasinya bahan bakar diakibatkan adanya kebocoran pada tangki double bottom serta sering terjadinya floading akibatnya berdampak pada proses pembakaran mesin diesel yang tidak sempurna, dan menurunnya tenaga mesin diesel. Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi penyebab terkontaminasinya bahan bakar dengan air laut adalah melakukan penambalan pada plat tangki double bottom yang bocor, penggantian main sea water cooling pump dengan yang baru serta melakukan pengambilam sample bahan bakar setiap 1 (satu) voyage