PENANGANAN KARGO CLINKER PADA MV. KT 02 TANPA RESIDU KARGO SAAT BONGKAR MUAT MENGGUNAKAN CRANE

Main Author: MUHAMMAD ZULA, AINUL ALBAB
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/1/52155661%20N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/2/52155661%20N_SKRIPSI_OPEN%20ACCESS.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
ctrlnum 2429
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/</relation><title>PENANGANAN KARGO CLINKER PADA MV. KT 02 TANPA&#xD; RESIDU KARGO SAAT BONGKAR MUAT MENGGUNAKAN&#xD; CRANE</title><creator>MUHAMMAD ZULA, AINUL ALBAB</creator><subject>Nautika</subject><description>ABSTRAKSI&#xD; &#xD; Albab, Muhammad Zula Ainul. (NIT.52155661N), 2020. &#x201C;Penanganan Kargo&#xD; Clinker pada MV. KT 02 tanpa Residu Kargo saat Bongkar Muat&#xD; menggunkan Crane&#x201C;. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika,&#xD; Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Anugrah Nur&#xD; Prasetyo, M.Si. Pembimbing II: Andy Wahyu Hermanto, M.T. &#xD; Clinker merupakan muatan yang memiliki diameter 0-40 mm dan tergolong&#xD; muatan yang mudah rusak apabila terkena air. Maka dari itu, penanganan kargo&#xD; clinker harus sesuai dengan prosedur dan juga alat yang digunakan harus memenuhi&#xD; standar. Apabila dalam proses bongkar muat menghasilkan residu kargo yang&#xD; banyak maka hal tersebut akan merepotkan, membahayakan serta merugikan&#xD; banyak pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab adanya residu&#xD; kargo serta melakukan cara untuk mengurangi adanya residu kargo clinker pada&#xD; saat proses bongkar muat. &#xD; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan&#xD; datanya dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Kemudian dianalisa dengan menggunakan fishbone analysis untuk menentukan&#xD; akar permasalahanya sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat. &#xD; Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa penyebab&#xD; adanya residu kargo clinker adalah tidak terpenuhinya standar dalam proses&#xD; bongkar muat, pengabaian terhadap prosedur sebelum dan selama proses bongkar&#xD; muat, serta banyaknya kondisi peralatan yang tidak sesuai dan tidak layak&#xD; digunakan. Cara yang dapat digunakan yaitu menerapkan dan mematuhi prosedur,&#xD; melakukan cargo crane inspection, mengadakan safety meeting, menjalakan PMS&#xD; (Plan Maintenance System), mengadakan pembaharuan peralatan secara berkala,&#xD; pemilihan operator crane yang baik, menggunakan penutup tarpaulin, serta selalu&#xD; melakukan koordinasi antara crew kapal dengan petugas bongkar muat. &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; Albab, Muhammad Zula Ainul. (NIT.52155661N), 2020. &#x201C;Clinker Cargo&#xD; Handling on MV. KT 02 without Cargo Residue During Cargo Operation&#xD; Using Crane&#x201C;. Thesis. Diploma IV Program. Nautical Studies. Semarang&#xD; Merchant Marine Polytechnic. 1&#xD; Supervisor: Capt.Anugrah Nur Prasetyo,&#xD; M.Si. 2&#xD; st&#xD; nd&#xD; Supervisor: Andy Wahyu Hermanto, M.T.&#xD; Clinker is a cargo that has 0-40 mm diameter and classified as easily demaged &#xD; cargo if it is exposed to water. Therefore, the cargo handling clinker should&#xD; according the procedure as well as the equipment used must be in accordance with&#xD; standard. If in the discharging and loading process result a lot of cargo residue that&#xD; creates difficulties, hazardous also creates loss for lot of stakeholder. This research&#xD; has purpose to know the cause pf the cargo residue also do several mechanism to&#xD; lesser the existence of clinker cargo residue at discharging and loading process. &#xD; This research done by descriptive qualitative method. The data gathering &#xD; method is by literature study, observation, interview, and documentation. Then, it&#xD; is analyzed with fishbone analysis to determine the root of the problem, so the&#xD; correct solution could be found. &#xD; From the result of the research, it could be summarized that the cause of the&#xD; clinker cargo residue is the incomplete standard of discharging and loading process,&#xD; the ignorance during discharging and loading process, also a lot of equipment&#xD; conditions that not according the standard and not suitable to be used. The&#xD; mechanism that could be used is to apply and comply with the procedure,&#xD; performing cargo crane inspection, holding safety meeting, performing PMS (Plan&#xD; Maintenance System), holding equipment update periodically, choosing qualified&#xD; operator crane, using cover of tarpaulin, also always done the coordination between&#xD; the vessel crews with discharging and loading staffs.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/1/52155661%20N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf</identifier><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/2/52155661%20N_SKRIPSI_OPEN%20ACCESS.pdf</identifier><identifier> MUHAMMAD ZULA, AINUL ALBAB (2020) PENANGANAN KARGO CLINKER PADA MV. KT 02 TANPA RESIDU KARGO SAAT BONGKAR MUAT MENGGUNAKAN CRANE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://www.library.pip-semarang.ac.id</relation><recordID>2429</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:Pdf
Other
author MUHAMMAD ZULA, AINUL ALBAB
title PENANGANAN KARGO CLINKER PADA MV. KT 02 TANPA RESIDU KARGO SAAT BONGKAR MUAT MENGGUNAKAN CRANE
publishDate 2020
topic Nautika
url http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/1/52155661%20N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/2/52155661%20N_SKRIPSI_OPEN%20ACCESS.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2429/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
contents ABSTRAKSI Albab, Muhammad Zula Ainul. (NIT.52155661N), 2020. “Penanganan Kargo Clinker pada MV. KT 02 tanpa Residu Kargo saat Bongkar Muat menggunkan Crane“. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. Pembimbing II: Andy Wahyu Hermanto, M.T. Clinker merupakan muatan yang memiliki diameter 0-40 mm dan tergolong muatan yang mudah rusak apabila terkena air. Maka dari itu, penanganan kargo clinker harus sesuai dengan prosedur dan juga alat yang digunakan harus memenuhi standar. Apabila dalam proses bongkar muat menghasilkan residu kargo yang banyak maka hal tersebut akan merepotkan, membahayakan serta merugikan banyak pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab adanya residu kargo serta melakukan cara untuk mengurangi adanya residu kargo clinker pada saat proses bongkar muat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dengan menggunakan fishbone analysis untuk menentukan akar permasalahanya sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa penyebab adanya residu kargo clinker adalah tidak terpenuhinya standar dalam proses bongkar muat, pengabaian terhadap prosedur sebelum dan selama proses bongkar muat, serta banyaknya kondisi peralatan yang tidak sesuai dan tidak layak digunakan. Cara yang dapat digunakan yaitu menerapkan dan mematuhi prosedur, melakukan cargo crane inspection, mengadakan safety meeting, menjalakan PMS (Plan Maintenance System), mengadakan pembaharuan peralatan secara berkala, pemilihan operator crane yang baik, menggunakan penutup tarpaulin, serta selalu melakukan koordinasi antara crew kapal dengan petugas bongkar muat. ABSTRACT Albab, Muhammad Zula Ainul. (NIT.52155661N), 2020. “Clinker Cargo Handling on MV. KT 02 without Cargo Residue During Cargo Operation Using Crane“. Thesis. Diploma IV Program. Nautical Studies. Semarang Merchant Marine Polytechnic. 1 Supervisor: Capt.Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. 2 st nd Supervisor: Andy Wahyu Hermanto, M.T. Clinker is a cargo that has 0-40 mm diameter and classified as easily demaged cargo if it is exposed to water. Therefore, the cargo handling clinker should according the procedure as well as the equipment used must be in accordance with standard. If in the discharging and loading process result a lot of cargo residue that creates difficulties, hazardous also creates loss for lot of stakeholder. This research has purpose to know the cause pf the cargo residue also do several mechanism to lesser the existence of clinker cargo residue at discharging and loading process. This research done by descriptive qualitative method. The data gathering method is by literature study, observation, interview, and documentation. Then, it is analyzed with fishbone analysis to determine the root of the problem, so the correct solution could be found. From the result of the research, it could be summarized that the cause of the clinker cargo residue is the incomplete standard of discharging and loading process, the ignorance during discharging and loading process, also a lot of equipment conditions that not according the standard and not suitable to be used. The mechanism that could be used is to apply and comply with the procedure, performing cargo crane inspection, holding safety meeting, performing PMS (Plan Maintenance System), holding equipment update periodically, choosing qualified operator crane, using cover of tarpaulin, also always done the coordination between the vessel crews with discharging and loading staffs.
id IOS15573.2429
institution Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 1472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan PIP Semarang
library_id 1245
collection Repository PIP Semarang
repository_id 15573
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15573
first_indexed 2021-05-18T01:02:01Z
last_indexed 2021-05-18T01:02:01Z
recordtype dc
_version_ 1700056160831275008
score 17.538404