Optimalisasi Pelaksanaan Pelayanan Petugas Pandu di Terminal Peti Kemas Semarang

Main Author: M. PANJI, KRISNA AZIZI
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/2409/1/52155658%20N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2409/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
Daftar Isi:
  • Intisari, Dalam pelayaran di Terminal Peti Kemas Semarang hadirnya pandu sangat berperan penting. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan dan kelancaran di alur pelayaran Terminal Peti Kemas Semarang. Penulisan ini berlandaskan teori-teori yang menjelaskan tentang judul yang diangkat berkaitan dengan pemanduan sesuai tugas pokoknya dan Undang-Undang tentang Pelayaran khususnya di Terminal Peti Kemas Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data bersumber pada data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian pada pelayanan petugas pandu, yaitu: a) Pelaksanaan pelayanan petugas pandu sesuai tugas pokoknya. b) Jumlah kapal yang dilayani oleh petugas pandu pada bulan Desember tahun 2019 sebanyak 76 kapal. c) Kendala kendala yang terjadi adalah kecepatan angin, lebar alur yang sempit dan sering dijumpai kendala mesin kapal. Dari kendala tersebut dapat diatasi dengan pengawasan pada alur, komunikasi dengan baik dan pelaksanaan pemanduan dibantu dengan kapal tunda.