ANALISIS PERBEDAAN PEMUATAN CARGO METHYL TERTIARY BUTHYL ETHER (MTBE) DI PELABUHAN KUANTAN, MALAYSIA DENGAN PELABUHAN SINGAPORE
Main Author: | TEGUH, KURNIAWAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/1/52155581%20N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/2/52155581%20N_SKRIPSI_OPEN%20ACCESS.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/ http://www.library.pip-semarang.ac.id |
ctrlnum |
2364 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/</relation><title>ANALISIS PERBEDAAN PEMUATAN CARGO
METHYL TERTIARY BUTHYL ETHER (MTBE)
DI PELABUHAN KUANTAN, MALAYSIA 
DENGAN PELABUHAN SINGAPORE</title><creator>TEGUH, KURNIAWAN</creator><subject>Nautika</subject><description>ABSTRAKSI

Kurniawan, Teguh, 2020, NIT: 52155581 N, “Analisis Perbedaan Pemuatan 
Cargo Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE) di Pelabuhan Kuantan,
Malaysia dengan Pelabuhan Singapore” , Skripsi Program Studi
Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang,
Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar., Pembimbing II:
Yustina Sapan, S.ST., M.M. 

Pengangkutan MTBE melalui laut sudah banyak ditemui di berbagai 
pelabuhan mengingat MTBE banyak difungsikan sebagai octane booster oleh
industri-industri perminyakan. Beberapa fasilitas untuk pemuatan cargo MTBE di
Asia bagian Tenggara antara lain di Pelabuhan Kuantan, Malaysia dan Pelabuhan
Singapore. Dari dua pelabuhan tersebut, terdapat perbedaan dalam prosedur
memuat yang diimplementasikan berkaitan dengan policy dari masing-masing 
pelabuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur 
pemuatan di Pelabuhan Kuantan yang tidak diterapkan di Pelabuhan Singapore,
faktor-faktor penyebab terjadinya perbedaan, serta upaya yang perlu dilakukan
untuk mengurangi perbedaan prosedur pemuatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan analisis deskriptif,
dengan teknik pengumpulan sumber data penelitian dilakukan dengan cara riset
lapangan (field research) yang mencakup observasi dan wawancara langsung
dengan responden. Analisis data menggunakan teknik komparatif konstan, dengan
membandingkan prosedur pemuatan di dua pelabuhan berbeda, dimana dapat
dilakukan generalisasi perbedaan signifikan terdapat dalam perlakuan Nitrogen
Purging pra-memuat yang diterapkan di Pelabuhan Kuantan.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah perlakuan Nitrogen Purging
pra-memuat dilakukan untuk alasan keamanan, sebagai tindakan pencegahan tangki
overpressure dan untuk quality control sesuai dengan yang disyaratkan oleh
shipper. Dalam beberapa nominasi cargo, bagi pihak pengangkut yang perlu
diperhatikan adalah permintaan dan karakteristik yang disyaratkan oleh shipper,
mengingat permintaan dan karakteristik dari muatan yang akan dikirimkan melalui
jasa transportasi laut merupakan persetujuan oleh shipper dan juga consignee.
Disyaratkannya Nitrogen Purging pra-memuat, seperti di Pelabuhan Kuantan,
dapat menjadi alternatif pilihan dari perusahaan pelayaran untuk dapat memilih
nominasi-nominasi serupa, yang memiliki kemungkinan lebih kecil cargo yang
dimuat akan rusak atau hilang selama pengangkutan di atas kapal sehingga dapat
menimbulkan claim yang merugikan perusahaan pelayaran.


ABSTRACT

Kurniawan, Teguh, 2020, NIT: 52155581 N, “Analysis Discrepancy of Cargo 
Loading Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE) at Kuantan Port,
Malaysia with Singapore Port” , Thesis of Nautical Department,
Diploma IV Progamme, Semarang Merchant Marine Polytechnic,
Adviser I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar., Adviser II: Yustina
Sapan, S.ST., M.M.

The transportation of MTBE by sea has been mostly found in various ports
considering that MTBE is mostly functioned as an octane booster by the oil
industry. Some facilities for loading MTBE cargo in Southeast Asia include
Kuantan Port, Malaysia and Singapore Port. Of the two ports, there are differences
in the loading procedures implemented in relation to the policies of each port. The
purpose of this study is to describe the loading procedures at Kuantan Port that are 
not implemented at the Port of Singapore, the factors causing the differences, as 
well as the efforts that need to be made to reduce differences in loading procedures.
The research method used is a descriptive analysis approach, with the 
technique of collecting research data sources carried out by means of field research
which includes observations and direct interviews with respondents. Data analysis
conducted using constant comparative techniques, by comparing loading
procedures at two different ports, where there can be generalization of significant
differences in the pre-loading Nitrogen Purging treatment applied at Kuantan Port.
The research result obtained is the Nitrogen Purging pre-loading treatment
conducted for safety reasons, as a precautionary measure for overpressure tanks and
for quality control as required by the shipper. In a number of cargo nominations,
the carrier that needs to be considered is the demand and characteristics required by
the shipper, bearing in mind that the demand and characteristics of the cargo to be
sent via sea transportation services are the agreement of the shipper and consignee.
Requirement for Nitrogen Purging pre-loading, such as at Kuantan Port, can be an
alternative choice for shipping companies to be able to choose similar nominations,
which have a smaller chance that a loaded cargo will be damaged or lost during
transportation on the ship so that it can cause adverse claims to shipping company.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/1/52155581%20N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf</identifier><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/2/52155581%20N_SKRIPSI_OPEN%20ACCESS.pdf</identifier><identifier> TEGUH, KURNIAWAN (2020) ANALISIS PERBEDAAN PEMUATAN CARGO METHYL TERTIARY BUTHYL ETHER (MTBE) DI PELABUHAN KUANTAN, MALAYSIA DENGAN PELABUHAN SINGAPORE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://www.library.pip-semarang.ac.id</relation><recordID>2364</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Other:Pdf Other |
author |
TEGUH, KURNIAWAN |
title |
ANALISIS PERBEDAAN PEMUATAN CARGO
METHYL TERTIARY BUTHYL ETHER (MTBE)
DI PELABUHAN KUANTAN, MALAYSIA
DENGAN PELABUHAN SINGAPORE |
publishDate |
2020 |
topic |
Nautika |
url |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/1/52155581%20N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/2/52155581%20N_SKRIPSI_OPEN%20ACCESS.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2364/ http://www.library.pip-semarang.ac.id |
contents |
ABSTRAKSI
Kurniawan, Teguh, 2020, NIT: 52155581 N, “Analisis Perbedaan Pemuatan
Cargo Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE) di Pelabuhan Kuantan,
Malaysia dengan Pelabuhan Singapore” , Skripsi Program Studi
Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang,
Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar., Pembimbing II:
Yustina Sapan, S.ST., M.M.
Pengangkutan MTBE melalui laut sudah banyak ditemui di berbagai
pelabuhan mengingat MTBE banyak difungsikan sebagai octane booster oleh
industri-industri perminyakan. Beberapa fasilitas untuk pemuatan cargo MTBE di
Asia bagian Tenggara antara lain di Pelabuhan Kuantan, Malaysia dan Pelabuhan
Singapore. Dari dua pelabuhan tersebut, terdapat perbedaan dalam prosedur
memuat yang diimplementasikan berkaitan dengan policy dari masing-masing
pelabuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur
pemuatan di Pelabuhan Kuantan yang tidak diterapkan di Pelabuhan Singapore,
faktor-faktor penyebab terjadinya perbedaan, serta upaya yang perlu dilakukan
untuk mengurangi perbedaan prosedur pemuatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan analisis deskriptif,
dengan teknik pengumpulan sumber data penelitian dilakukan dengan cara riset
lapangan (field research) yang mencakup observasi dan wawancara langsung
dengan responden. Analisis data menggunakan teknik komparatif konstan, dengan
membandingkan prosedur pemuatan di dua pelabuhan berbeda, dimana dapat
dilakukan generalisasi perbedaan signifikan terdapat dalam perlakuan Nitrogen
Purging pra-memuat yang diterapkan di Pelabuhan Kuantan.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah perlakuan Nitrogen Purging
pra-memuat dilakukan untuk alasan keamanan, sebagai tindakan pencegahan tangki
overpressure dan untuk quality control sesuai dengan yang disyaratkan oleh
shipper. Dalam beberapa nominasi cargo, bagi pihak pengangkut yang perlu
diperhatikan adalah permintaan dan karakteristik yang disyaratkan oleh shipper,
mengingat permintaan dan karakteristik dari muatan yang akan dikirimkan melalui
jasa transportasi laut merupakan persetujuan oleh shipper dan juga consignee.
Disyaratkannya Nitrogen Purging pra-memuat, seperti di Pelabuhan Kuantan,
dapat menjadi alternatif pilihan dari perusahaan pelayaran untuk dapat memilih
nominasi-nominasi serupa, yang memiliki kemungkinan lebih kecil cargo yang
dimuat akan rusak atau hilang selama pengangkutan di atas kapal sehingga dapat
menimbulkan claim yang merugikan perusahaan pelayaran.
ABSTRACT
Kurniawan, Teguh, 2020, NIT: 52155581 N, “Analysis Discrepancy of Cargo
Loading Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE) at Kuantan Port,
Malaysia with Singapore Port” , Thesis of Nautical Department,
Diploma IV Progamme, Semarang Merchant Marine Polytechnic,
Adviser I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar., Adviser II: Yustina
Sapan, S.ST., M.M.
The transportation of MTBE by sea has been mostly found in various ports
considering that MTBE is mostly functioned as an octane booster by the oil
industry. Some facilities for loading MTBE cargo in Southeast Asia include
Kuantan Port, Malaysia and Singapore Port. Of the two ports, there are differences
in the loading procedures implemented in relation to the policies of each port. The
purpose of this study is to describe the loading procedures at Kuantan Port that are
not implemented at the Port of Singapore, the factors causing the differences, as
well as the efforts that need to be made to reduce differences in loading procedures.
The research method used is a descriptive analysis approach, with the
technique of collecting research data sources carried out by means of field research
which includes observations and direct interviews with respondents. Data analysis
conducted using constant comparative techniques, by comparing loading
procedures at two different ports, where there can be generalization of significant
differences in the pre-loading Nitrogen Purging treatment applied at Kuantan Port.
The research result obtained is the Nitrogen Purging pre-loading treatment
conducted for safety reasons, as a precautionary measure for overpressure tanks and
for quality control as required by the shipper. In a number of cargo nominations,
the carrier that needs to be considered is the demand and characteristics required by
the shipper, bearing in mind that the demand and characteristics of the cargo to be
sent via sea transportation services are the agreement of the shipper and consignee.
Requirement for Nitrogen Purging pre-loading, such as at Kuantan Port, can be an
alternative choice for shipping companies to be able to choose similar nominations,
which have a smaller chance that a loaded cargo will be damaged or lost during
transportation on the ship so that it can cause adverse claims to shipping company. |
id |
IOS15573.2364 |
institution |
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
1472 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan PIP Semarang |
library_id |
1245 |
collection |
Repository PIP Semarang |
repository_id |
15573 |
city |
KOTA SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS15573 |
first_indexed |
2021-05-18T01:01:58Z |
last_indexed |
2021-05-18T01:01:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700056161204568064 |
score |
17.538404 |