Pencegahan Venting Pada Saat Loading LNG di Kapal LNG Tangguh Towuti
Main Author: | NOVANDRA, TRIANDY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/1855/1/51145291N_Prosiding_Fulltext.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/1855/ http://www.library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Abstraksi, LNG adalah Liquefied Natural Gas yaitu hasil dari gas alam yang terkondensasi menjadi cairan pada suhu -163oC dalam tekanan atmosfer. Dikarenakan sedikitnya pelaut yang mengetahui tentang prosedur yang benar saat proses pemuatan di kapal LNG, guna menghindari bahaya venting. Dengan rumusan masalah 1.) Faktor-faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan terjadinya vening? 2.) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya venting? Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Fishbone Analysis dan Fault Tree Analysis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya venting yaitu:. Machine, Method, dan Manpower 2.) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penyebab venting Saran peneliti untuk pelaksanaan Loading Operation harus berpatokan pada Ship's Cargo Handling Manual, IGC Code, SIGTTO (Society of International Gas Tanker and Terminal Operators) agar tercipta operasi yang aman serta terhindar dari kejadian-kejadian yang dapat membahayakan kapal beserta isinya.