Penyebab meningkatnya temperatur air pendingin mesin induk di M.T. Gas Maluku

Main Author: FAIZAL, ENO
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/1769/1/51145315T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1769/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstraksi-Untuk kelancaran jalannya sebuah mesin diesel yang digunakan sebagai tenaga penggerak di kapal maka membutuhkan pendinginan yang sempurna. Karena dalam ruang pembakaran sebuah motor diesel menghasilkan suhu yang sangat tinggi pada waktu pembakaran. Namun di kapal MT. Gas Maluku pada saat berlayar temperatur pendingin mesin induk mengalami peningkatan berlebih. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya komponen pendingin mesin induk yang mengalami kerusakan sehingga kinerja mesin induk tidak optimal pada saat melakukan pelayaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hazop dan SWOT, dimana Metode Hazop digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kerusakan dan dampak dari meningkatnya temperatur air pendingin mesin induk sedangkan metode SWOT digunakan untuk pemecahan masalah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatnya temperature air pendingin mesin induk adalah karena retaknya cylinder liner. Sedangkan penyebab kerusakan pada cylinder liner tersebut diakibatkan oleh kurangnya perawatan mesin induk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut agar pendinginan manjadi optimal perlu di adakan penggantian pada cylinder liner mesin induk yang mengalami kerusakan serta melakukan perawatan sesuai prosedur manual book mesin induk yang ada agar pendinginan bekerja secara optimal.