ANALISIS PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI

Main Author: MUHAMMAD, BAGAS G
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/1753/1/51145222N_Prosiding_Fulltext.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1753/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstraksi - Peristiwa kandas di outer buoy Sungai Musi mengakibatkan banyak kerugian bagi perusahaan pelayaran maupun bagi pihak kapal. Kandas pada kapal dibagi menjadi dua, yaitu beached (kandas yang dilakukan secara sengaja untuk menyelamatkan kapal, awak kapal, dan muatan) dan stranded (kandas yang tidak sengaja disebabkan oleh kelalaian manusia). Penelitian ini adalah deskriptif, Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi selama di atas kapal. Tekhnik pengolahan data yang digunakan adalah fishbone analysis dan fault tree analysis. Kelalaian crew dan mualim jaga untuk membaca dan mengendalikan situasi, pembagian tugas jaga pada saat berolah gerak yang tidak jelas, kapal overdraft karena muatan dan sisa air ballast yang terlalu banyak, dan kecepatan angin dan arus yang kuat adalah faktor penyebab kandas pada kapal MT. Success Altair XLII di outer buoy Sungai Musi. Untuk membebaskan kapal dari posisi kandas menggunakan cara bantuan dari kapal lain (salvage), membuang sisa air ballast, dan transfer muatan ke MT. Silvia. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa kandas pada MT. Success Altair XLII adalah memastikan draft kapal aman untuk berlayar secara aman di Sungai Musi dan memastikan air pasang surut dan selalu waspada akan lalu lintas pelayaran yang akan dilalui.