ANALISA PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI

Main Author: MUHAMMAD, BAGAS G
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/1/51145222N_Skripsi_Fulltext.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/2/51145222N_Open_Access.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
ctrlnum 1752
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/</relation><title>ANALISA PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS&#xD; ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI</title><creator>MUHAMMAD, BAGAS G</creator><subject>Nautika</subject><description>ABSTRAKSI&#xD; Muhammad Bagas Gutanto, 2019, NIT. 51145222 N, &#x201C;Analisa penyebab&#xD; kandas pada MT. SUCCESS ALTAIR XLII di outer buoy Sungai Musi&#x201D;,&#xD; skripsi Jurusan Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Pelayaran&#xD; Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto,M.Pd,M.Mar.,&#xD; pembimbing II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo S.IP, MM.&#xD; Peristiwa kandas di outer buoy Sungai Musi mengakibatkan banyak&#xD; kerugian bagi perusahaan pelayaran maupun bagi pihak kapal. Kandas pada kapal&#xD; dibagi menjadi dua, yaitu beached (kandas yang dilakukan secara sengaja untuk&#xD; menyelamatkan kapal, awak kapal, dan muatan) dan stranded (kandas yang tidak&#xD; sengaja disebabkan oleh kelalaian manusia). Penelitian ini adalah deskriptif, yang&#xD; artinya hanya menjabarkan semua hasil penelitian dari permasalahan penelitian.&#xD; Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara,&#xD; observasi, studi pustaka dan dokumentasi selama di atas kapal. Tekhnik&#xD; pengolahan data yang digunakan adalah fishbone analysis dan fault tree analysis.&#xD; Kelalaian crew dan mualim jaga untuk membaca dan mengendalikan&#xD; situasi, pembagian tugas jaga pada saat berolah gerak yang tidak jelas, kapal&#xD; overdraft karena muatan dan sisa air ballast yang terlalu banyak, dan kecepatan&#xD; angin dan arus yang kuat adalah faktor penyebab kandas pada kapal MT. Success&#xD; Altair XLII di outer buoy Sungai Musi. Untuk membebaskan kapal dari posisi&#xD; kandas menggunakan cara bantuan dari kapal lain (salvage), membuang sisa air&#xD; ballast, dan transfer muatan ke MT. Silvia. Usaha yang dilakukan untuk&#xD; mencegah terulangnya kembali peristiwa kandas pada MT. Success Altair XLII&#xD; adalah memastikan draft kapal aman untuk berlayar secara aman di Sungai Musi&#xD; dan memastikan air pasang surut dan selalu waspada akan lalu lintas pelayaran&#xD; yang akan dilalui.&#xD; Faktor penyebab utama kandas pada kapal MT. Success Altair XLII&#xD; adalah kesalahan manusia, pembagian tugas jaga yang buruk, kapal overdraft, dan&#xD; arus dan arus yang kuat. Saran dapat diberikan untuk pihak kapal agar peristiwa&#xD; ini tidak terjadi lagi, sebelum memasuki alur sebaiknya nahkoda dan perwira&#xD; kapal memperhatikan hal-hal yang dapat membahayakan kapal ketika berlayar di&#xD; perairan sempit dan dangkal seperti arus, angin, arus pasang surut dan ramainya&#xD; lalu lintas. Sebaiknya faktor lain seperti draft, peralatan navigasi perlu&#xD; diperhatikan agar pada saat kapal berlayar di perairan sempit dan dangkal tidak&#xD; ada kendala apapun.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; Muhammad Bagas Gutanto, 2019, NIT. 51145222 N, &#x201C;Cause analysis&#xD; shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII in outer buoy Musi&#xD; River&#x201D;, Nautical Department, Diploma IV, Semarang Merchant Marine&#xD; Polytechnic, Preceptor I: Capt. Eko Murdiyanto,M.Pd,M.Mar., Preceptor&#xD; II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP, MM.&#xD; Stranded Ship in outer buoy Musi river caused much harm to the&#xD; shipping company and the shipper. Stranded ship is divided into two events are&#xD; beached (ship deliberately denied because of a few things to save the ship, crew&#xD; and cargo) and stranded (ship that ran aground unintentional human negligence).&#xD; This research is a is a descriptive, meaning only describe all the findings of&#xD; research problem. The method used is qualitative. The data collected through&#xD; interview, observation, literature and documentation when on board. The&#xD; analysis of the data uses fishbone analysis and fault tree analysis.&#xD; The omission of the crew and officer to control the situation, the divisions&#xD; in watch when navigating that not clear, ship&#x2019;s overdraft, and the strong wind and&#xD; stream are caused of the shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII in outer&#xD; buoy Musi river. To free the ship aground is by the other vessel&#x2019;s help (salvage),&#xD; overboard the remain ballast, and transfer cargo to the MT. Silvia. The effort that&#xD; used to prevent MT. Success Altair XLII grounded again is by the crew make sure&#xD; that vessel&#x2019;s draft is safe to sail at Musi river, make sure the tide is safe for the&#xD; vesse and always take surveillamce for track, do the safety meeting for all crew to&#xD; minimize the omission the crew&#x2019;s mistake.&#xD; That&#x2019;s are the main factor causing the shipwreck of the vessel MT.&#xD; Success Altair XLII is human error, the division in navigation watch is bad, ship&#x2019;s&#xD; overdraft, and the busy traffics at Musi River. The advice can be given for the ship&#xD; that the incident will not happen again, Captain and ship&#x2019;s officer must be aware&#xD; about all the things that can be endangerous vessel sailed in narrow channel such&#xD; as wind, stream, tidal,and the traffic condition. Also they should be aware about&#xD; draft, navigation tools so the ship can sail safely in narrow channel.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/1/51145222N_Skripsi_Fulltext.pdf</identifier><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/2/51145222N_Open_Access.pdf</identifier><identifier> MUHAMMAD, BAGAS G (2019) ANALISA PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://www.library.pip-semarang.ac.id</relation><recordID>1752</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:Pdf
Other
author MUHAMMAD, BAGAS G
title ANALISA PENYEBAB KANDAS PADA KAPAL MT. SUCCESS ALTAIR XLII DI OUTER BUOY SUNGAI MUSI
publishDate 2019
topic Nautika
url http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/1/51145222N_Skripsi_Fulltext.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/2/51145222N_Open_Access.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1752/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
contents ABSTRAKSI Muhammad Bagas Gutanto, 2019, NIT. 51145222 N, “Analisa penyebab kandas pada MT. SUCCESS ALTAIR XLII di outer buoy Sungai Musi”, skripsi Jurusan Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto,M.Pd,M.Mar., pembimbing II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo S.IP, MM. Peristiwa kandas di outer buoy Sungai Musi mengakibatkan banyak kerugian bagi perusahaan pelayaran maupun bagi pihak kapal. Kandas pada kapal dibagi menjadi dua, yaitu beached (kandas yang dilakukan secara sengaja untuk menyelamatkan kapal, awak kapal, dan muatan) dan stranded (kandas yang tidak sengaja disebabkan oleh kelalaian manusia). Penelitian ini adalah deskriptif, yang artinya hanya menjabarkan semua hasil penelitian dari permasalahan penelitian. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi selama di atas kapal. Tekhnik pengolahan data yang digunakan adalah fishbone analysis dan fault tree analysis. Kelalaian crew dan mualim jaga untuk membaca dan mengendalikan situasi, pembagian tugas jaga pada saat berolah gerak yang tidak jelas, kapal overdraft karena muatan dan sisa air ballast yang terlalu banyak, dan kecepatan angin dan arus yang kuat adalah faktor penyebab kandas pada kapal MT. Success Altair XLII di outer buoy Sungai Musi. Untuk membebaskan kapal dari posisi kandas menggunakan cara bantuan dari kapal lain (salvage), membuang sisa air ballast, dan transfer muatan ke MT. Silvia. Usaha yang dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa kandas pada MT. Success Altair XLII adalah memastikan draft kapal aman untuk berlayar secara aman di Sungai Musi dan memastikan air pasang surut dan selalu waspada akan lalu lintas pelayaran yang akan dilalui. Faktor penyebab utama kandas pada kapal MT. Success Altair XLII adalah kesalahan manusia, pembagian tugas jaga yang buruk, kapal overdraft, dan arus dan arus yang kuat. Saran dapat diberikan untuk pihak kapal agar peristiwa ini tidak terjadi lagi, sebelum memasuki alur sebaiknya nahkoda dan perwira kapal memperhatikan hal-hal yang dapat membahayakan kapal ketika berlayar di perairan sempit dan dangkal seperti arus, angin, arus pasang surut dan ramainya lalu lintas. Sebaiknya faktor lain seperti draft, peralatan navigasi perlu diperhatikan agar pada saat kapal berlayar di perairan sempit dan dangkal tidak ada kendala apapun. ABSTRACT Muhammad Bagas Gutanto, 2019, NIT. 51145222 N, “Cause analysis shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII in outer buoy Musi River”, Nautical Department, Diploma IV, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Preceptor I: Capt. Eko Murdiyanto,M.Pd,M.Mar., Preceptor II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP, MM. Stranded Ship in outer buoy Musi river caused much harm to the shipping company and the shipper. Stranded ship is divided into two events are beached (ship deliberately denied because of a few things to save the ship, crew and cargo) and stranded (ship that ran aground unintentional human negligence). This research is a is a descriptive, meaning only describe all the findings of research problem. The method used is qualitative. The data collected through interview, observation, literature and documentation when on board. The analysis of the data uses fishbone analysis and fault tree analysis. The omission of the crew and officer to control the situation, the divisions in watch when navigating that not clear, ship’s overdraft, and the strong wind and stream are caused of the shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII in outer buoy Musi river. To free the ship aground is by the other vessel’s help (salvage), overboard the remain ballast, and transfer cargo to the MT. Silvia. The effort that used to prevent MT. Success Altair XLII grounded again is by the crew make sure that vessel’s draft is safe to sail at Musi river, make sure the tide is safe for the vesse and always take surveillamce for track, do the safety meeting for all crew to minimize the omission the crew’s mistake. That’s are the main factor causing the shipwreck of the vessel MT. Success Altair XLII is human error, the division in navigation watch is bad, ship’s overdraft, and the busy traffics at Musi River. The advice can be given for the ship that the incident will not happen again, Captain and ship’s officer must be aware about all the things that can be endangerous vessel sailed in narrow channel such as wind, stream, tidal,and the traffic condition. Also they should be aware about draft, navigation tools so the ship can sail safely in narrow channel.
id IOS15573.1752
institution Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 1472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan PIP Semarang
library_id 1245
collection Repository PIP Semarang
repository_id 15573
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15573
first_indexed 2021-05-18T01:01:41Z
last_indexed 2021-05-18T01:01:41Z
recordtype dc
_version_ 1700056163699130368
score 17.538404