Perbedaan Jumlah Muatan Marine Fuel Oil Di MT. Palu Sipat

Main Author: BANU, ATMAJAYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/1681/1/51145111N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1681/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstraksi, Perbedaan jumlah muatan antara Ship’s Figure dengan Shore’s figure merupakan suatu masalah yang timbul dalam proses kegiatan pemuatan, pembongkaran serta pengangkutan. Tujuan utama dalam bongkar muat adalah meminimalisir perbedaan jumlah muatan. Landasan teori dalam penelitian ini mengacu pada perbedaan, muatan, Marine Fuel Oil. Metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengatasi masalah adalah metode kualitatif, sehingga peneliti dapat memaparkan hasil dari penelitian yang diperoleh. Pengumpulan data lewat dokumentasi, observasi dan wawancara. Peneliti melakukan observasi langsung diatas kapal MT. Palu Sipat, peneliti melaksanakan wawancara dengan Nakhoda dan seluruh awak kapal. Peneliti juga mengambil gambar guna mendukung keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukan: faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan jumlah muatan yaitu penyusutan fisik seperti penguapan, kebocoran pompa, kebocoran jalur pipa, dan penyusutan semu seperti kesalahan pengukuran dan kesalahan perhitungan muatan. Cara untuk dapat meminimalisir penyusutan yang terjadi perlu dilaksanakan prosedur-prosedur dalam pemuatan dan pembongkaran.