Penyebab naiknya temperatur pendingin air tawar mesin induk di MV.Sinar Bali

Main Author: SIYAM, RIVALDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/1424/1/2.%20PROSIDING.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1424/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
ctrlnum 1424
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/1424/</relation><title>Penyebab naiknya temperatur pendingin air tawar mesin induk di&#xD; MV.Sinar Bali</title><creator>SIYAM, RIVALDI</creator><subject>Prosiding</subject><subject>Teknika</subject><description>Mesin induk merupakan komponen&#xD; utama yang memiliki peranan sangat penting diatas kapal&#xD; untuk menunjang pengoperasian kapal sehingga kapal&#xD; dapat melakukan kegiatan pelayaran dengan baik. Kinerja&#xD; mesin induk didukung oleh beberapa sistem, salah satunya&#xD; adalah sistem pendingin air tawar. MV. Sinar Bali pernah&#xD; mengalami masalah pada pendinginan mesin induk karena&#xD; naiknya temperatur air pendingin. Penelitian ini&#xD; menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik&#xD; analisis fishbone analysis dan fault tree analysis. Dalam&#xD; menentukan faktor permasalahan menggunakan teknik&#xD; Fishbone Analysis yang bertujuan untuk mengetahui&#xD; sebab-akibat dari faktor tersebut dan teknik Fault Tree&#xD; Anaylsis digunakan untuk menemukan upaya dari&#xD; permasalahan tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan&#xD; terhadap sistem pendingin air tawar pada mesin induk&#xD; menunjukan bahwa penyebab naiknya temperatur&#xD; pendingin air tawar adalah cooler dalam keadaan kotor,&#xD; pipa pada sistem pendinginan mengalami kebocoran, dan&#xD; tersumbatnya cylinder jacket cooling oleh karet, sehingga&#xD; dilakukan upaya untuk menangani masalah tersebut.&#xD; Upaya yang dilakukan adalah dengan cara melakukan&#xD; Standart Operasional Procedure (SOP) dengan baik,&#xD; pembersihan cooler, perawatan pada pipa-pipa pendingin&#xD; air tawar serta overhaul pada cylinder jacket cooling guna&#xD; membuang karet yang menyumbat pada lubang cylinder&#xD; jacket cooling.&#xD; Kata Kunci: Mesin Induk, Sistem Pendingin Air Tawar,&#xD; Fishbone dan Fault Tree Analysis</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/1424/1/2.%20PROSIDING.pdf</identifier><identifier> SIYAM, RIVALDI (2018) Penyebab naiknya temperatur pendingin air tawar mesin induk di MV.Sinar Bali. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://www.library.pip-semarang.ac.id</relation><recordID>1424</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SIYAM, RIVALDI
title Penyebab naiknya temperatur pendingin air tawar mesin induk di MV.Sinar Bali
publishDate 2018
topic Prosiding
Teknika
url http://repository.pip-semarang.ac.id/1424/1/2.%20PROSIDING.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/1424/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
contents Mesin induk merupakan komponen utama yang memiliki peranan sangat penting diatas kapal untuk menunjang pengoperasian kapal sehingga kapal dapat melakukan kegiatan pelayaran dengan baik. Kinerja mesin induk didukung oleh beberapa sistem, salah satunya adalah sistem pendingin air tawar. MV. Sinar Bali pernah mengalami masalah pada pendinginan mesin induk karena naiknya temperatur air pendingin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis fishbone analysis dan fault tree analysis. Dalam menentukan faktor permasalahan menggunakan teknik Fishbone Analysis yang bertujuan untuk mengetahui sebab-akibat dari faktor tersebut dan teknik Fault Tree Anaylsis digunakan untuk menemukan upaya dari permasalahan tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap sistem pendingin air tawar pada mesin induk menunjukan bahwa penyebab naiknya temperatur pendingin air tawar adalah cooler dalam keadaan kotor, pipa pada sistem pendinginan mengalami kebocoran, dan tersumbatnya cylinder jacket cooling oleh karet, sehingga dilakukan upaya untuk menangani masalah tersebut. Upaya yang dilakukan adalah dengan cara melakukan Standart Operasional Procedure (SOP) dengan baik, pembersihan cooler, perawatan pada pipa-pipa pendingin air tawar serta overhaul pada cylinder jacket cooling guna membuang karet yang menyumbat pada lubang cylinder jacket cooling. Kata Kunci: Mesin Induk, Sistem Pendingin Air Tawar, Fishbone dan Fault Tree Analysis
id IOS15573.1424
institution Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 1472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan PIP Semarang
library_id 1245
collection Repository PIP Semarang
repository_id 15573
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15573
first_indexed 2021-05-18T01:01:31Z
last_indexed 2021-05-18T01:01:31Z
recordtype dc
_version_ 1700056171537235968
score 17.538404