Analisis naiknya temperatur air pendingin pada mesin induk di MV.Armada Papua

Main Author: FACHRY, ANTAR SAIF
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/1357/1/PROSIDING%20PDF.PDF
http://repository.pip-semarang.ac.id/1357/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
ctrlnum 1357
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/1357/</relation><title>Analisis naiknya temperatur air pendingin pada mesin induk di MV.Armada Papua</title><creator>FACHRY, ANTAR SAIF</creator><subject>Prosiding</subject><subject>Teknika</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan pada sistem pendingin mesin induk karena kurangnya perawatan dengan metode (SWOT) Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats di KM. Armada Papua. Mesin induk merupakan suatu pesawat yang memiliki peranan yang sangat penting di atas kapal untuk menunjang pengoperasian kapal, sehingga kapal dapat beroperasi dengan baik. Dalam mendukung kinerja mesin induk, terdapat beberapa sistem didalamnya dan salah satu diantaranya adalah sistem pendingin air tawar. Dengan menggunakan metode Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats untuk mencari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin mesin induk karena kurangnya perwatan dan upaya yang dilakukan agar kerja di mesin induk menjadi optimal.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MV. Armada Papua dengan menggunakan metode Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats ditemukan penyebab ketidaknormalan temperatur mesin induk adalah banyaknya kotoran pada komponen, naiknya tekanan pompa, pendinginan tidak optimal. Faktor-faktor tersebut merupakan intermediate event.&#xD; Hasil penelitian kerusakan pada komponen sistem pendingin mesin induk karena kurangnya perawatan dengan metode, Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats, penyusun dapat menyimpulkan faktor-faktor yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya kotoran yang terbawa oleh air laut pada Fresh Water Cooler, sehingga penyerapan panas menjadi berkurang, ditambah lagi kapasitas air pendingin yang berkurang, yang mengakibatkan proses penyerapan panas tidak maksimal.&#xD; Kata kunci: Sistem pendingin mesin induk, pompa air pendingin, fresh water cooler, (SWOT)</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/1357/1/PROSIDING%20PDF.PDF</identifier><identifier> FACHRY, ANTAR SAIF (2018) Analisis naiknya temperatur air pendingin pada mesin induk di MV.Armada Papua. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://www.library.pip-semarang.ac.id</relation><recordID>1357</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FACHRY, ANTAR SAIF
title Analisis naiknya temperatur air pendingin pada mesin induk di MV.Armada Papua
publishDate 2018
topic Prosiding
Teknika
url http://repository.pip-semarang.ac.id/1357/1/PROSIDING%20PDF.PDF
http://repository.pip-semarang.ac.id/1357/
http://www.library.pip-semarang.ac.id
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan pada sistem pendingin mesin induk karena kurangnya perawatan dengan metode (SWOT) Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats di KM. Armada Papua. Mesin induk merupakan suatu pesawat yang memiliki peranan yang sangat penting di atas kapal untuk menunjang pengoperasian kapal, sehingga kapal dapat beroperasi dengan baik. Dalam mendukung kinerja mesin induk, terdapat beberapa sistem didalamnya dan salah satu diantaranya adalah sistem pendingin air tawar. Dengan menggunakan metode Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats untuk mencari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin mesin induk karena kurangnya perwatan dan upaya yang dilakukan agar kerja di mesin induk menjadi optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MV. Armada Papua dengan menggunakan metode Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats ditemukan penyebab ketidaknormalan temperatur mesin induk adalah banyaknya kotoran pada komponen, naiknya tekanan pompa, pendinginan tidak optimal. Faktor-faktor tersebut merupakan intermediate event. Hasil penelitian kerusakan pada komponen sistem pendingin mesin induk karena kurangnya perawatan dengan metode, Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats, penyusun dapat menyimpulkan faktor-faktor yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya kotoran yang terbawa oleh air laut pada Fresh Water Cooler, sehingga penyerapan panas menjadi berkurang, ditambah lagi kapasitas air pendingin yang berkurang, yang mengakibatkan proses penyerapan panas tidak maksimal. Kata kunci: Sistem pendingin mesin induk, pompa air pendingin, fresh water cooler, (SWOT)
id IOS15573.1357
institution Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 1472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan PIP Semarang
library_id 1245
collection Repository PIP Semarang
repository_id 15573
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15573
first_indexed 2021-05-18T01:01:31Z
last_indexed 2021-05-18T01:01:31Z
recordtype dc
_version_ 1700056172056281088
score 17.538404