UPAYA PENINGKATAN KERJA ILMIAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA

Main Author: SUYATI, SUYATI
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia , 2021
Subjects:
Online Access: https://jurnalp4i.com/index.php/cendekia/article/view/153
https://jurnalp4i.com/index.php/cendekia/article/view/153/145
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah (1) Meningkatkan kerja ilmiah siswa melalui penerapan model siklus belajar berbasis inkuiri pada pembelajaran IPA siswa kelas IX E tentang materi listrik dinamis  SMP Negeri 1 Kawedanan tahun pelajaran 2019/2020  dan (2) Mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan model siklus belajar berbasis inkuiri pada pembelajaran IPA siswa kelas IX E tentang materi listrik dinamis  SMP Negeri 1 Kawedanan tahun pelajaran 2019/2020  .Strategi penelitiannya adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu PTK, dengan strategi analisis data bersifat siklus. Sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan cara purposive sampling, yaitu kelas IX E berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini  membuktikan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri melalui siklus belajar baik pada siklus I dan siklus II. Persentase ketertarikan mereka meningkat dari siklus I yaitu 92% menjadi 94% pada siklus II. Dengan demikian mereka semakin tertarik dengan metode tersebut. Ketertarikan tersebut menurut mereka karena metode ini mudah dilakukan (siklus I sebesar 77% dan siklus II 86%). Ketertarikan mereka dibuktikan dengan ingin menerapkan metode ini pada setiap pembelajaran fisika yaitu pada siklus I sebanyak 92% dan tetap menunjukkan angka  yang sama pada siklus II. Begitu juga pada siklus I dan siklus II mereka menginginkan pembelajaran dengan metode inkuiri diterapkan pada materi IPA lainya (83%).