CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN POND’S FLAWLESS WHITE 7 DAYS TO LOVE-VERSI 10 MENIT)
Main Author: | Pratiwi, Heppy Atma; Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI |
---|---|
Other Authors: | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
, 2015
|
Online Access: |
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/541 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/541/827 |
Daftar Isi:
- Dalam gambaran media atau iklan, perempuan menempati posisi sentral dalam iklan berbagai produk. Sebagian besar produsen menggunakan perempuan sebagai model iklannya karena memiliki daya tarik tersendiri. Jadi, pencitraan perempuan pun menjadi beragam. Pengaruh dari media inilah yang dapat diyakini dan menimbulkan opini tersendiri bagi masyarakat. Keterlibatan perempuan dalam iklan merupakan bentuk realitas dari pemanfaatan perempuan untuk mempercepat arus konsumtif. Dalam penelitian ini citra perempuan dalam suatu iklan di televisi ditinjau dari unsur semiotika. Harapan dari penelitian ini adalah akan munculnya pemikiran kritis terhadap media, tidak saja keberadaannya melainkan substansi tayangannya yang selama ini merupakan agent of change yang memiliki peranan besar dalam menyosialisasikan nilai-nilai dalam masyarakat, sehingga di masa datang dapat berkembang pandangan yang lebih proporsional terhadap perempuan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa citra perempuan dalam iklan Pond’s Flawless White, 7 Day to Love dapat dikategorikan ke dalam tiga citra, yaitu Citra Pigura, Citra Peraduan, Citra Pergaulan. Simpulannya adalah bahwa perempuan harus selalu tampil memikat, merawat diri, namun tetap percaya diri dan bangkit menjadi perempuan cantik walaupun menghadapi masalah.Kata Kunci: Citra Perempuan, Iklan, Televisi, Semiotika