Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris

Main Authors: Murtiningrum, Rr. Conny Riana Dewi; Universitas Negeri Jakarta, Rafli, Zainal, Purbaini, Asti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia , 2020
Online Access: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/5026
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/5026/3123
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Task-Based Learning, Menulis Surat Bisnis, Bahasa Inggris