Grammatical Errors in Spoken English Faced By Second Semester Students

Main Authors: Anggraeni, Dwinesa; UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI, Puspitasari, Tita; UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Other Authors: LPPM Universitas Indraprasta PGRI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia , 2018
Online Access: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/2688
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/2688/2219
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) eror secara gramatikal dalam penggunaan Bahasa Inggris lisan yang dilakukan mahasiswa semester dua di kelas Berbicara (2) eror yang paling dominan yang ditemukan di dalam kegiatan kelas Berbicara. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester dua Program Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Indraprasta PGRI. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari 43 mahasiswa dalam kegiatan kelas Berbicara dan penelitian kuantitatif sederhana untuk mencari tipe eror yang dominan dan presentasenya. Datanya mengenai penggunaan Bahasa Inggris dalam kegiatan berbicara/lisan dengan mengklasifikasikan tipe eror dalam empat bagian; penghilangan, penambahan, salah dalam penginformasian, dan yang terakhir salah pengurutan. Kemudian presentase untuk semua tipe eror seperti penghilangan 12.41%, penambahan 13.14%, salah penginformasian 23.36%, dan yang terakhir salah pengurutan 4.38%. Eror yang paling dominan adalah salah penginformasian dengan presentase 23.36%. Singkatnya, hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar informasi dalam mempelajari kemampuan berbicara mahasiswa dengan mengetahui kelemahan mereka.Kata Kunci: kemampuan berbicara, eror gramatikal, pembelajaran Bahasa Inggris