Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa pada Konsep Tekanan Hidrostatis

Main Author: Lestari, Isti Fuji
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut , 2019
Online Access: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/831
https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/831/857
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa melalui pendekatan STEM pada konsep tekanan hidrostatis. Penelitian dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut pada tingkat kelas XI Ilmu Alam dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan one shoot pretest-posttest group. Data kemampuan pemecahan masalah fisika siswa diperoleh dari hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kemampuan pemecahan masalah fisika yang berbentuk soal uraian konsep tekanan hidrostatis. Hasil penelitian yang diperoleh setelah diterapkannya pendekatan STEM yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada konsep tekanan hidrostatis