KARAKTERISTIK KEEFEKTIFAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR: (Literature Review)
Main Authors: | Silki, Nurul, Witono, A. Hari, Affandi, Lalu Hamdian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/79 https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/79/84 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik keefektifan Quantum Teaching serta menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan Quantum Teaching dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah 1) karakteristik keefektifan Quantum Teaching dalam proses pembelajaran terdiri dari 8 karakteristik diantaranya: pembelajaran Quantum lebih bersifat humanistis, interaksi pembelajaran lebih menjadi bermakna, menghilangkan segala sesuatu yang menghambat keberhasilan pembelajaran dan mempertahankan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan pembelajaran, siswa aktif berdiskusi dan menyampaikan pendapat, meningkatkan hasil belajar, memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna, mengutamakan keberagaman dan keberhasilan sebagai kunci interaksi, dan komunikasi yang jernih. 2) faktor yang mempengaruhi keefektifan Quantum Teaching dalam proses pembelajaran terdiri dari 5 faktor di antaranya yaitu; media pembelajaran yang menarik, keterampilan mengajar guru, gaya mengajar, bina suasana, dan strategi belajar mengajar (SBM). Guru hendaknya guru harus memahami karakteristik siswa dan materi agar model pembelajaran yang digunakan sesuai serta dapat menjadikan pembelajaran yang efektif terlebih ketika menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.