PENGARUH METODE PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Kusuma, Winda Enggelina, Husniati, Husniati, Setiawan, Heri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/74 https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/74/80 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Paired Story Telling (Bercerita Berpasangan) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini sebanyak 222 siswa yang terdiri dari 6 sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana SDN 26 Mataram sebagai kelas (eksperimen) dan SDN 32 Mataram sebagai kelas (kontrol) yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes keterampilan berbicara. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan uji-t (t-test) Polled Varians dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test diperoleh hasil >pada pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen. Pretest kontrol dan eksperimen mendapat nilai yaitu 3,16 > 1,678 pada taraf siginifikansi 5%. Sedangkan posttest kontrol dan eksperimen yaitu 3,76 > 1,678 pada taraf signifikansi 5%, maka (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak dan sebaliknya (hipotesis alternatif) diterima dan hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berbicara sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah diberikan perlakuan dengan metode Paired Story Telling (Bercerita Berpasangan) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2019/2020.