PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

Main Authors: Astuti, Ni Nyoman Sri , Husniati, Husniati, Setiawan, Heri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/69
https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/69/58
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model concept sentence berbantuan flash card terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 07 Manggelewa tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimen Tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 07 Manggelewa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sehingga yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya uji hipotesis. Dari hasil uji-t sampel independent dengan bantuan program analisis statistic SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% atau diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,00 yang kurang dari 0,05 maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model concept sentence berbantuan flash card terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 07 Manggelewa tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dari sintak kegiatan pembelajaran siswa menggunakan model concept sentence berbantuan flash card terlaksana dengan sangat baik.